[Indonesian Movie] 5cm. The Movie

by Si Ngoceh

Hi you out there. How is your day? Akhirnya kembali ngeblog lagi setelah sekian lama.

Kali ini bakalan bahas salah satu film Indonesia terbaru dengan judul: 5cm. Film yang di buat dari novel dengan judul serupa ini sudah cukup lama di tunggu kehadirannya.

Poster 5cm the movie

Novel ini mengisahkan tentang 5 orang sahabat yang selama 10 tahun selalu menghabiskan weekend dengan berkumpul bersama. Hingga pada suatu saat mereka merasa jenuh dengan rutinitas persahabatan mereka dan ingin melakukan sesuatu yang baru. Lalu mereka pun memutuskan untuk tidak saling berhubungan selama 3 bulan. Dan setelah 3 bulan itu, mereka akan bertemu kembali, melakukan petualangan yang akan mereka kenang seumur hidup. Untuk cerita lebih lengkapnya mending beli bukunya aja #bukanpromosi.

Jalan cerita tentang persahabatan yang disertai cerita-cerita lucu, sedih, serta percintaan inilah yang membuatnya menarik. Saya benar-benar terbawa dengan ceritanya. Bisa membayangkan dan mengira-ngira seperti apa rasanya menjadi tokoh-tokoh pada cerita itu. Saat pertama kali membacanya, saya setuju kalau novel ini memiliki cerita dan penulisan yang baik.

Beberapa lama setelah penerbitan buku ini, sang penulis (Donny Dirgantara) memberikan pengumuman tentang adanya rencana pembuatan film berdasarkan buku ini. Pengumuman itu disampaikan penulis melalui blognya dan memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin berperan di film tersebut untuk mendaftar mengikuti casting. Namun entah karena alasana apa akhirnya penulisan mengumumkan pemeran-pemeran film tersebut yang sebagian besar merupakan artis-artis yang sudah terkenal.

Setelah sempat menghilang dan hanya terdengar melalui blog, promosi mengenai buku dan film ini pun kembali terdengar dengan menggunakan media micro blogging twitter. Bagi saya yang sudah sejak lama membaca buku ini rasanya seperti mengenang masa lalu dan tidak seantusias pembaca baru novel ini. Saya memang penasaran akan seperti apa film ini nantinya tetapi saya juga sedikit banyak tahu jalan cerita maupun ending twist yang akan terjadi. Itulah salah satu kekurangan dari film yang dibuat berdasarkan sebuah novel atau buku.

 

Oke, back to the movie.

Ini trailer dari 5cm the movie.

Film ini diperankan oleh Fedy Nuril, Herjunot Ali, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Raline Shah, dan Pevita Pearce sebagai tokoh utamanya. Dan film ini pertama kali mulai tayang di bioskop pada tanggal 12-12-2012. Gak tau juga sih apa maksud dan tujuan penulis memilih tanggal itu, tanggal yang menurut ramalan suku Maya akan menjadi hari berakhirnya dunia. Sayangkan saya gak kebagian tiket buat nonton premierenya karena tanpa diduga peminat film ini sangat banyak tapi hanya 1 studio yang tersedia pada hari premierenya. Alhasil saya baru bisa nonton di hari kedua.

Buat yang udah baca bukunya mungkin kurang terlalu puas karena banyak bagian cerita yang tidak difilmkan. Menurut saya film ini memberikan porsi lebih kepada latar belakang lokasi film daripada inti cerita. Ini bisa terlihat dari cara pengambilan gambar dan banyaknya scene-scene khusus yang hanya menampilkan pemandangan tanpa ada aktor sehingga terkesan seperti menonton National Geographic. Tetapi kita harus tetap berbangga bahwa Indonesia mempunyai tempat-tempat indah seperti itu.

Bagi pemeran tokoh-tokoh dalam cerita menurut saya cukup pas. Para pemeran bisa menyatu dengan tokoh dalam novel walau tidak sepenuhnya sama seperti yang saya bayangkan ketika membaca bukunya. Tapi kalo pendapat saya, ada satu pemeran yang kurang. Saya agak sedikit terganggu dengan dialog-dialog yang diucapkan oleh pemeran Ian. Ini karena pemeran tokoh Ian tersebut agak cedal sehingga ketika dia melakukan dialog yang panjang akan terdengar kurang pas. Kembali lagi, ini pendapat saya pribadi.

Intinya bagi saya film ini tetap memberikan pesan yang sama dengan bukunya. Bagaimana sang penulis mengajak para pembacanya untuk lebih mencintai Indonesi, tanah air kita semua. Bagaimana kita harus menghargai, melindungi dan selalu bersyukur dengan semua ciptaan Tuhan. Seburuk apapun Indonesia, disini tempat kita tinggal, tempat kita berpijak dan tempat kita kembali. Selain itu penulis juga mengajarkan bagaimana mimpi harus bisa diwujudkan walau seberat apapun rintangannya. Dengan cara meletakan impian itu 5cm di depan kening sehingga pada saat terjatuh kita masih tetap bisa melihatnya dan tetap berusaha hingga impian itu jadi kenyataan.

Semoga dengan adanya film ini tidak ada pendaki-pendaki dadakan yang pergi ke Semeru hanya untuk gaya-gayaan, tidak ada perusahaan pariwisata yang mengkomersilkan Semeru sehingga akan merusakan keindahan alaminya, dan semoga tidak terjadi kenaikan biaya sarana transportasi kesana yang dilakukan oleh sejumlah pihak hanya untuk uang semata.

Mari tetap menjaga keindahan alam Semeru seperti aslinya sehingga suatu hari nanti anak cucu kita pun akan bisa kesana dan merasa kagum sama seperti yang kita rasakan sekarang.Thanks for reading. Have a great dreams!

About these ads